Sabtu, 26 November 2011

Gara2 di larang minum air, akhrx skrng ia menjadi president director.

Di sebuah perusahaan pertambangan minyak di Arab Saudi, di akhir tahun40-an.... Seorang pegawai rendahan, remaja lokal asli Saudi, kehausan dan bergegas mencari air untuk menyiram tenggorokannya kering. Ia begitu gembira ketika melihat air dingin yang tampak didepannya dan bersegera mengisi air dingin ke dalam gelas.
Belum sempat ia minum, tangannya terhenti oleh sebuah hardikan: "Hei, kamu tidak boleh minum air ini. Kamu cuma pekerja rendahan. Air ini hanya khusus untuk insinyur" Suara itu berasal dari mulut seorang insinyur Amerika yang bekerja di perusahaan tersebut. Remaja itu akhirnya hanya terdiam menahan haus. Ia tahu ia hanya anak miskin lulusan sekolah dasar. Kalaupun ada pendidikan yang dibanggakan, ia lulusan lembaga Tahfidz Quran, tapi keahlian itu tidak ada harganya di perusahaan minyak yang saat itu masih dikendalikan oleh manajeman Amerika. Hardikan itu selalu terngiang di kepalanya. Ia lalu bertanya-tanya: Kenapa ini terjadi padaku? Kenapa segelas air saja dilarang untuk ku? Apakah karena aku pekerja rendahan,sedangkan mereka insinyur ? Apakah kalau aku jadi insinyur aku bisa minum? Apakah aku bisa jadi insinyur seperti
mereka? Pertanyaan ini selalu tengiang-ngiang dalam dirinya. Kejadian ini akhirnya menjadi momentum baginya untuk membangkitkan "SIKAP POSITIF" . Muncul komitmen dalam dirinya. Remaja miskin itu lalu bekerja keras siang hari dan melanjutkan sekolah malam hari. Hampir setiap hari ia kurang tidur untuk mengejar ketertinggalannya.
Tidak jarang olok-olok dari teman pun diterimanya. Buah kerja kerasnya menggapai hasil. Ia akhirnya bisa lulus SMA. Kerja kerasnya membuat perusahaan memberi kesempatan padanya untuk mendalami ilmu. Ia dikirim ke Amerika mengambil kuliah S1 bidang teknik dan master bidang geologi. Pemuda ini lulus dengan
hasil memuaskan. Selanjutnya ia pulang kenegerinya dan bekerja sebagai insinyur.
Kini ia sudah menaklukkan ”rasa sakit”nya, kembali sebagai insinyur dan bisa minum air yang dulu dilarang baginya. Apakah sampai di situ saja. Tidak, karirnya melesat terus. Ia sudah terlatih bekerja keras dan mengejar ketinggalan, dalam pekerjaan pun karirnya menyusul yang lain. Karirnya melonjak dari kepala bagian, kepala cabang, manajer umum sampai akhirnya ia menjabat sebagai wakil direktur, sebuah jabatan
tertinggi yang bisa dicapai oleh orang lokal saat itu.
Ada kejadian menarik ketika ia menjabat wakil direktur. Insinyur Amerika yang dulu pernah mengusirnya, kini justru jadi bawahannya. Suatu hari insinyur tersebut datang menghadap karena ingin minta izin libur dan berkata; "Aku ingin mengajukan izin liburan. Aku berharap Anda tidak mengaitkan kejadian air di masa lalu dengan pekerjaan resmi ini. Aku berharap Anda tidak membalas dendam, atas kekasaran dan keburukan perilakuku di masa lalu" Apa jawab sang wakil direktur mantan pekerja rendahan ini: "Aku ingin berterimakasih padamu dari lubuk hatiku paling dalam karena kau melarang aku minum saat itu. Ya dulu aku benci padamu. Tapi, setelah izin Allah, kamu lah sebab kesuksesanku hingga aku meraih sukses ini."
Kini sikap positfnya sudah membuahkan hasil, lalu apakah ceritanya sampai di sini? Tidak. Akhirnya mantan pegawai rendahan ini menempati jabatan tertinggi di perusahaan tersebut. Ia menjadi Presiden Direktur pertama yang berasal dari bangsa Arab.
Tahukan kamu apa perusahaan yang dipimpinnya? Perusahaan itu adalah Aramco (Arabian American Oil company)perusahaan minyak terbesar di dunia. Ditangannya perusahaan ini semakin membesar dan kepemilikan Arab Saudi semakin dominan. Kini perusahaaan ini menghasilakn 3.4 juta barrels (540,000,000 m3) dan mengendalikan lebih dari 100 ladang migas di Saudi Arabia dengan total cadangan 264 miliar barrels (4.20×1010 m3) minyak dan 253 triliun cadangan gas.
Atas prestasinya Ia ditunjuk Raja Arab Saudi untuk menjabat sebagai Menteri Perminyakan dan
Mineral yang mempunyai pengaruh sangat besar terhadap dunia. Ini adalah kisah Ali bin Ibrahim Al-Naimi
yang sejak tahun 1995 sampai saat ini (2011)

Jumat, 11 November 2011

soal ikatan kimia lengkap


1.      UJI KOMPETENSI
A.      Soal uraian
1. Tentukan senyawa yang terbentuk dari :
a.  Mg dengan F
b.  Ca dengan Cl
c.  K dengan O
            2. Tuliskan pembentukan ikatan kovalen dari senyawa berikut :
( lengkapi dengan rumus struktur dan rumus kimianya )
a.       Atom C dengan H membentuk molekul CH4
            b.   Atom H dengan O membentuk molekul H2O
            c   .Atom Br dengan Br membentuk molekul Br2
3. Tuliskan pembentukan ikatan kovalen dari senyawa berikut : (lengkapi dengan rumus struktur dan rumus kimianya)
                  a. Atom C dengan O membentuk molekul CO2
b. Atom C dengan H membentuk molekul C2H4 (etena)
4.  Jika atom X (Nomor atom =20), berikatan dengan atom Y (Nomor atom= 17)
a. Tuliskan konfigurasi elektrom atom X dan atom Y
20 X : ...........................................................
17 Y : ...........................................................
b. Ramalkan jenis ikatan kimia yang terbentuk ! (ikatan ion atau ikatan kovalen ).Jelaskan !
c. Tuliskan rumus senyawa yang terbentuk !
d. Gambarkan struktur Lewis dan rumus ikatannya.
5. Jika atom A (Nomor atom 15), berikatan dengan atom B (Nomor atom =17)
a. Tuliskan konfigurasi elektrom atom A dan atom B
20 A : ...........................................................
17 B : ...........................................................
b. Ramalkan jenis ikatan kimia yang terbentuk ! (ikatan ion atau ikatan kovalen ).Jelaskan
c. Tuliskan rumus senyawa yang terbentuk !
d. Gambarkan struktur Lewis dan rumus ikatannya.
e. Tentukan jumlah pasangan elektron ikatan (PEI) dan jumlah pasangan elektron bebas(PEB)
6.. Tunjukkan ikatan kovalen rangkap 2 dan rangkap 3 pada senyawa berikut ini dengan menggambarkan struktur Lewis dan rumus ikatannya (Nomor atom C = 6, O= 8, H= 1, N= 7)
a. CO2
b. C2H4
c. C2H2
d. N2
e. O2
7. Jelaskan senyawa berikut ini bersifat polar atau non polar dengan menggambarkan struktur
Lewisnya. (Nomor atom H =1, O= 8, N = 7, C = 6, P = 15, Cl = 17).
a. H2O (bersifat............., Alasannya........................................)
b. NH3 (bersifat.............., Alasannya.......................................)
c. CH4 (bersifat..............., Alasannya......................................)
d. PCl3 (bersifat.............., Alasannya......................................)
e. CO2 (bersifat..............., Alasannya......................................)
8. Tunjukkan ikatan kovalen koordinasi pada senyawa berikut ini dengan cara menggambarkan rumus Lewis dan rumus ikatannya ! (Nomor atom S = 16,  O = 8, H = 1, N = 7 ).
a. SO2
b. SO3
c. HNO3
d. H2SO4
B.      Pilihan ganda
1. Berikut ini yang merupakan konfigurasi elektron gas mulia adalah ....
A. 2 . 2                               D. 2 . 8 . 6
B. 2 . 8 . 8                          E. 2 . 8 . 8 . 4
C. 2 . 8 . 8 . 2
2. Atom Mg dengan nomor atom 12 dapat membentuk ion dengan muatan ....
A. –2                                 D. +1
B. –1                                 E. +2
C. 0
3. Diketahui unsur-unsur dengan nomor atom sebagai berikut:
8X, 9Y, 11Q, 16R, dan 19Z
Pasangan unsur yang dapat membentuk ikatan ion adalah ....
A. X dan Q                         D. R dan X
B. Q dan Z                          E. Y dan Q
C. Y dan X
4. Unsur A adalah unsur golongan IIA dan B adalah unsur golongan VIA. Rumus
senyawa yang dapat dibentuk dari kedua unsur ini adalah ....
A. A2B                                 D. AB
B. AB2                                            E. AB3
C. AB6
5. Ikatan elektrovalen mudah terjadi antara ....
A. unsur-unsur yang titik didihnya tinggi
B. unsur-unsur yang selisih keelektronegatifannya besar
C. unsur-unsur yang selisih energi ionisasinya kecil
D. unsur-unsur yang energi ionisasinya sama
E. unsur-unsur yang keelektronegatifannya sama

LKS ikatan kimia lengkap


·         Definisi Ikatan Kimia
Adalah ikatan yang terjadi antar atom atau antar molekul dengan cara sebagai berikut :
a)       atom yang 1 melepaskan elektron, sedangkan atom yang lain menerima elektron (serah terima elektron)
b)       penggunaan bersama pasangan elektron yang berasal dari masing-masing atom yang berikatan
c)       penggunaan bersama pasangan elektron yang berasal dari salah 1 atom yang berikatan

Ø  Tujuan pembentukan ikatan kimia adalah agar terjadi pencapaian kestabilan suatu unsur.
Ø  Elektron yang berperan pada pembentukan ikatan kimia adalah elektron valensi dari suatu atom/unsur yang terlibat.
Ø  Salah 1 petunjuk dalam pembentukan ikatan kimia adalah adanya 1 golongan unsur yang stabil yaitu golongan VIIIA atau golongan 18 (gas mulia).
Ø  Maka dari itu, dalam pembentukan ikatan kimia; atom-atom akan membentuk konfigurasi elektron seperti pada unsur gas mulia.
Ø  Unsur gas mulia mempunyai elektron valensi sebanyak 8 (oktet) atau 2 (duplet, yaitu atom Helium).
Periode
Unsur
Nomor Atom
K
L
M
N
O
P
1
He
2
2





2
Ne
10
2
8




3
Ar
18
2
8
8



4
Kr
36
2
8
18
8


5
Xe
54
2
8
18
18
8

6
Rn
86
2
8
18
32
18
8

Ø  Kecenderungan unsur-unsur untuk menjadikan konfigurasi elektronnya sama seperti gas mulia terdekat dikenal dengan istilah Aturan Oktet
o   Lambang Lewis
Adalah lambang atom yang dilengkapi dengan elektron valensinya.
·   Lambang Lewis gas mulia menunjukkan 8 elektron valensi (4 pasang).
·   Lambang Lewis unsur dari golongan lain menunjukkan adanya elektron tunggal (belum berpasangan).
Berdasarkan perubahan konfigurasi elektron yang terjadi pada pembentukan ikatan, maka ikatan kimia dibedakan menjadi 4 yaitu : ikatan ion, ikatan kovalen, ikatan kovalen koordinat / koordinasi / dativ dan ikatan logam.
1). Ikatan Ion ( elektrovalen )
  • Terjadi jika atom unsur yang memiliki energi ionisasi kecil/rendah melepaskan elektron valensinya (membentuk kation) dan atom unsur lain yang mempunyai afinitas elektron besar/tinggi menangkap/menerima elektron tersebut (membentuk anion).
  • Kedua ion tersebut kemudian saling berikatan dengan gaya elektrostatis (sesuai hukum Coulomb).
  • Unsur yang cenderung melepaskan elektron adalah unsur logam sedangkan unsur yang cenderung menerima elektron adalah unsur non logam.

pembelajaran berbasis masalah dan bagaimana pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan nilai-nilai karakter pada siswa.


BAB I
PENDAHULUAN
A.     LATAR BELAKANG
Indonesia saat ini sedang menghadapi dua tantangan besar, yaitu desentralisasi atau otonomi daerah yang saat ini sudah dimulai, dan era globalisasi total yang akan terjadi pada tahun 2020. Kedua tantangan tersebut merupakan ujian berat yang harus dilalui dan dipersiapkan oleh seluruh bangsa Indonesia.  Kunci sukses dalam menghadapi tantangan berat itu terletak pada kualitas sumberdaya manusia (SDM) Indonesia yang handal dan berbudaya.  Oleh karena itu, peningkatan kualitas SDM yang berkarakter dan kritis sejak dini merupakan hal penting yang harus dipikirkan secara sungguh-sungguh.
Sekolah sebagai miniatur dunia pendidikan hendaknya mampu untuk menggalakkan kembali gairah untuk belajar dan berkarya dan meningkatkan kualitas ilmu pengetahuan dan teknologi. Sekolah sebagai instansi yang di berikan tanggung jawab untuk membina generasi muda diharapkan mampu untuk terus berinovasi memperbaiki kualitas peserta didik yang merupakan tumpuan harapan bangsa kelak.
Masalah utama yang dihadapi pada pembelajaran adalah rendahnya minat, keterampilan pemecahan masalah, dan hasil belajar yang kurang maksimal. Masalah ini diatasi dengan menerapkan pembelajaran berbasis masalah. Siswa merasa bahwa pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan aktivitas dan motivasi belajar, keterampilan berkomunikasi, keterampilan mencari sumber-sumber informasi, pemahaman konsep, belajar mandiri, dan kepekaan terhadap masalah-masalah dalam kehidupan sehari-hari. Siswa merasa senang mengikuti pembelajaran. Mahasiswa berharap agar pembelajaran ini terus diterapkan untuk mengajarkan konsep-konsep pembelajaran ini dengan sangat baik. Kelemahan dari pembelajaran berbasis masalah adalah waktu yang diperlukan relatif lebih banyak untuk menunjang pemecahan suatyu masalah dalam pembelajaran