Satuan Pendidikan
|
:
|
SMP ... (isi dengan nama SMP)
|
Mata Pelajaran/ Kelas/semester
|
:
|
1.
Matematika/kelas
VIII/semester I
2.
Bahasa Indonesia/
kelas VII/semester 1
|
Materi Pokok
|
:
|
1.
Matematika:
2.
Bahasa Indonesia:
Teks
Hasil Observasi
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2x40 menit
|
A.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi.
N0.
|
Bahasa indonesia
|
Matematika
|
||
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian
|
|
1.
|
1.2
Menghargai
dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha
Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis.
|
1.2.1. menggunakan Bahasa Indonesia untuk sarana kegiatan
belajar di lingkungan sekolah dalam bentuk lisan
1.2.2. menggunakan bahasa Indonesia untuk sarana kegiatan
belajar di lingkungan sekolah dalam
bentuk tulis
|
1.1. Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya
|
1.1.1.
Menunjukkan konsistensi dalam menjalankan
ibadah sesuai agama yang dianutnya.
|
2.
|
2.1
Memiliki perilaku jujur, tanggung jawab,
dan santun dalam menanggapi secara pribadi hal-hal atau kejadian berdasarkan
hasil observasi
|
2.1.1. menunjukkan perilaku jujur dalam menanggapi hal-hal
atau kejadian
2.1.2. menunjukkan perilaku tanggung jawab dalam menanggapi
hal-hal atau kejadian
2.1.3. menunjukkan perilaku santun dalam menanggapi hal-hal atau kejadian
|
2.2.
Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika
serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk
melalui pengalaman belajar
2.3.
Memiliki sikap terbuka, santun, objektif,
menghargai pendapat dan karya teman dalam interaksi kelompok maupun aktivitas
sehari-hari.
|
2.2.1.Menunjukkan perilaku pantang menyerah dalam menyelesaikan masalah
matematika yang diberikan.
2.2.2. Menunjukkan perilaku senang dalam menyelesaikan masalah matematika
terkai t masalah nyata.
2.3.1. Menunjukan sikap terbuka menerima
pendapat.
2.3.2. Menunjukan sikap santun dalam
mengemukakan pendapat.
|
3.
|
3.1 Memahami teks hasil observasi,
tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui
lisan maupun tulisan
|
3.1.1. menjelaskan struktur teks hasil obeservasi
|
3.2.
Menentukan nilai variabel persamaan linear dua
variabel dalam konteks nyata
|
3.2.1. Menentukan nilai variabel-variabel yang
memenuhi persamaan dua variabel.
3.2.2. Menentukan nilai variabel-variabel yang
memenuhi persamaan dua variabel dalam konteks nyata.
|
4.
|
4.1.
Menangkap makna teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi,
eksplanasi, dan cerita pendek baik secara lisan maupun tulisan
|
4.1.1.
memaknai kata dan
istilah dalam teks hasil observasi
|
4.1
Membuat dan menyelesaikan model matematika dari masalah nyata yang
berkaitan dengan persamaan linear dua variabel
|
4.1.1. Mengkronstruksi model matematika dari masalah
nyata terkait persamaan dua variabel.
4.1.2. Menyelesaikan model matematika terkait persamaan
dua variabel.
4.1.3. Menyimpulkan hasil penyelesaian model dalam
wujud komunikasi matematika.
|
B.
Tujuan Pembelajaran.
No
|
Bahasa Indonesia
|
Matematika
|
1.
|
1. Siswa menggunakan Bahasa Indonesia untuk memahami
informasi secara lisan dan tulis
sebagai bentuk dari rasa menghargai
dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha
Esa
|
1. Diberikan
masalah matematika, siswa menunjukkan perilaku pantang menyerah dalam mencari
solusi masalah
|
|
2. Siswa menunjukkan perilaku jujur dalam menanggapi hal-hal atau
kejadian
|
2. Diberikan
masalah nyata, siswa menunjukkan perilaku antusias dalam memecahkannya.
|
|
3. Siswa menunjukkan perilaku tanggung jawab dalam menanggapi
hal-hal atau kejadian
|
3. Dibentuk
kelompok dan diberikan LKS untuk dikerjakan secara berkelompok, siswa
menunjukkan perilaku terbuka menerima
pendapat temannya, dan menyampaikan pendapat secara santun baik inter
kelompok maupun antar kelompok.
|
|
4.
Siswa menunjukkan
perilaku santun dalam menanggapi
hal-hal atau kejadian
|
4. Diberikan
masalah konteks, siswa dapat menuliskan definisi persamaan linier dengan
kalimatnya sendiri dan menuliskan minimal 3
bentuk umum persamaan linier yang berbeda variabelnya.
|
|
5.
Diberikan model teks
hasil observasi, siswa dapat menjelaskan struktur teks hasil obeservasi
|
5. Diberikan
beberapa bentuk persamaan 2 variabel, siswa dapat menunjukkan persamaan yang
termasuk persamaan linier dan bukan persamaan linier 2 variabel.
|
|
6.
Diberikan model teks
hasil observasi, siswa dapat memaknai kata dan istilah yang terdapat dalam
teks hasil observasi
|
6. Diberikan
persamaan linier dua variabel dengan koefisien bilangan bulat, siswa dapat
menentukan nilai 1 variabel yang
memenuhi jika 1 variabel lainnya diketahui.
|
|
|
7. Diberikan
masalah nyata terkait persamaan linier dua variabel, siswa dapat mengonstruk
model matematikanya, kemudian menyelesaikan dan mengkomunikasikannya dalam
wujud komunikasi matematika.
|
C.
Materi
Pelajaran.
Bahasa Indonesia.
·
Struktur teks hasil observasi
·
Ciri bahasa teks hasil observasi
·
Makna kata dan Istilah
Matematika:
·
Persamaan linier 2 variabel.
D.
Model/Pendekatan/Metode
Pembelajaran:
Model: Kooperatif
Pendekatan: Scintefik
Metode: Metode
discovery learning, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan presentasi.
E.
Media
1.
Teks hasil observasi
2.
Gambar
3.
Teks puisi
F.
Sumber Belajar
1. Buku Siswa
2.
LKS
3.
Lingkungan
G.
Skenario
Pembelajaran.
No
|
Bahasa
Indonesia
|
Matematika
|
|
Pendahuluan
|
|
|
·
Siswa merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya.
|
Siswa
mengatur tempat duduk dengan membentuk huruf U
|
|
·
Siswa menerima
informasi tentang keterkaitan
pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
|
|
|
·
Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan
dilaksanakan
|
|
|
·
Untuk
menarik minat dan menggugah kesadaran siswa agar mencintai lingkungan hidup siswa diminta
mencermati puisi bertema lingkungan hidup
yang berjudul “Tanah Kelahiran” karya Ramadhan K.H. (buku siswa hlm. 3
|
|
|
|
Pendahuluan
|
|
Siswa mencermati puisi
|
·
Siswa merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya.
|
|
·
Siswa menerima
informasi tentang keterkaitan
pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
|
|
|
·
Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan
dilaksanakan.
·
Guru
mengorganisasi siswa dalam kelompok – kelompok kecil
|
|
|
|
Kegiatan Inti
|
|
Siswa
melakukan pengamatan dalam kelompoknya
masing-masing tanpa diawasi oleh guru
tentang. Gambar Amir sedang membayar
Rp 40.000, untuk pembelian 3 buku dan 2 bollpoin. Selanjutnya guru
menuntun siswa untuk menuliskan persamaannya jika buku dimisalkan x dan
bollpoin dimisalkan y.
Guru
menugaskan siswa secara berkelompok untuk menuliskan contoh-contoh yang
serupa.
|
|
|
Kegiatan
Inti
|
|
|
· Untuk membangun konteks pembelajaran, dengan sikap peduli
dan santun siswa mengamati sebuah gambar lingkungan hidup (buku siswa hlm. 3)
|
Siswa
bekerja secara berkelompok tanpa diawasi oleh guru dalam mencari
contoh-contoh nyata terkait dengan persamaan linier.
|
|
· Dengan santun dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik
dan benar, siswa bertanya hal-hal yang berhubungan dengan konteks
pembelajaran
|
|
|
· Dengan sikap responsif, santun, dan menggunakan bahasa
Indonesia yang baik dan benar siswa menjawab pertanyaan tentang hal-hal yang
berhubungan dengan gambar yang dilihat dan pertanyaan pada tugas 1 (buku
siswa hlm. 4-5)
|
|
|
· Siswa mengambil kertas undian yang berisi istilah
kebahasaan. Lalu, masing-masing siswa menyebutkan kata yang sama, bersatu
membentuk kelompok kecil dan menamakan kelompoknya sesuai istilah yang
dipilihnya.
|
|
|
· Dengan sikap santun dan responsive siswa mencermati teks
laporan hasil observasi (buku siswa hlm. 5-6), selanjutnya guru menugaskan untuk
mengumpulkan istilah-istilah yang terdapat pada teks laporan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan
teks yang disimaknya (tugas 2 pada buku siswa hlm. 6)
|
Siswa
membacakan contoh-contoh yang telah ditemukan, guru melakukan koreksi .
Selanjutnya guru menuntun siswa untuk
mendefinisikan persamaan linier
|
|
· Siswa
mengerjakan tugas tanpa pengawasan guru.
|
Siswa
mengamati beberapa bentuk persamaan dan menganalisisnya untuk menuliskan atau
mengelompokkan yang termasuk persamaan linier dan yang bukan persamaan
linier.
|
|
Siswa
mengerjakan tugas kelompok:
· Jika harga buku satu buah yang dibeli oleh amir adalah
Rp.1000, tentukan harga bollpoin 1
buah.
· Jika harga buku dimisalkan x dan harga bollpoin
dimisalkan y, berapakah y?.
|
|
|
· Dengan sikap santun dan menggunakan bahasa Indonesia yang
baik dan benar siswa melaporkan hasil diskusinya.
|
Siswa
mengerjakan tugas yang diberikan guru tanpa pengawasan
|
|
· Kelompok lain menanggapi dengan responsif dan santun.
|
|
|
· Dengan sikap responsif dan peduli siswa menyimak
penjelasan guru mengenai struktur teks laporan hasil observasi
|
|
|
· Dengan santun dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik
dan benar, siswa bertanya hal-hal yang berhubungan dengan struktur teks hasil
observasi.
|
|
|
· Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa membaca dan mengamati teks
hasil observasi (buku siswa hlm. 5-6), dan mengerjakan tugas secara berkelompok dalam hal menentukan struktur teks hasil observasi (tugas 3 hlm. 7).
|
|
|
· Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa berdiskusi inter
kelompok tanpa diawasi oleh guru
|
Wakil
setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya, dan guru mengarahkan atau
memberi scaffolding jika ada
jawaban siswa yang melenceng.
|
|
Guru
mengeksplorasi pengetahuan siswa dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang
sifatnya menuntun dan menggali terkait menentukan nilai 1 variabel jika 1
variabel lainnya diketahui dari beberapa persamaan linier yang diajukan guru
|
|
|
Penugasan
kelompok:
Siswa
mengamati masalah trumbu karang dan menganalisis keterkaitan tinggi, panjang
dan lebar terumbu karang
selanjunya memodelkannya dalam
bentuk persamaan linier, mencobanya untuk menentukan jawaban dari masalah”
berapakah panjang trumbu karang yang lebarnya 40 mm?”
|
|
|
Dengan sikap tanggung jawab, santun,
dan menggunakan bahasa Indonesia
yang baik dan benar salah satu perwakilan kelompok melaporkan hasil diskusinya
|
Siswa
mengerjakan tugasnya tanpa diawasi oleh guru dengan cara melakukan diskusi inter kelompok
|
|
||
|
· Kelompok lain menanggapi dengan responsif dan santun.
|
|
|
Penutup
|
|
|
· Dengan sikap tanggung
jawab, peduli, responsif, dan santun
siswa ditugaskan menyimpulkan pembelajaran dan mengidentifikasi
hambatan-hambatan yang dialami saat memahami
struktur teks hasil observasi
|
|
|
|
Siswa
melakukan diskusi antar kelompok terkait
dengan tugas yang diberikan. Guru mengarhakan dan memberikan scaffolding, serta melakukan
pengamatan untuk memberi penilaian terkait sikap dengan berpandu pada rubrik
penilaian.
|
|
Penutup
|
|
|
siswa ditugaskan menyimpulkan pembelajaran dan mengidentifikasi
hambatan-hambatan yang dialami saat memahami
struktur teks
hasil observasi
|
|
|
· Dengan sikap peduli, responsif, dan santun
siswa mendengarkan umpan balik dan penguatan dari
guru terkait
kesimpulan yang telah dibuat siswa
|
Siswa mengerjakan tugas secara
berkelompok tanpa diawasi oleh guru
|
|
· Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut
pembelajaran
|
B. Penilaian
1.
Teknik dan Bentuk Instrumen
Teknik
|
Bentuk
|
Pengamatan Sikap
|
Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
|
Tes Tertulis
|
Tes Uraian dan Pilihan
|
Tes Unjuk Kerja
|
Tes Uji Petik Kerja dan Rubrik
|
2.
Contoh Instrumen Penilaian
a. Pengamatan Sikap
Lembar Pengamatan Sikap
No.
|
Nama Siswa
|
Religius
|
Jujur
|
Tanggung jawab
|
Santun
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
….
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik penilaian sikap
Rubrik
|
Skor
|
sama sekali tidak menunjukkan usaha
sungguh-sungguh dalam melakukan
kegiatan
|
1
|
menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam melakukan kegiatan tetapi masih
sedikit dan belum ajeg/konsisten
|
2
|
menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam melakukan kegiatan yang cukup sering dan mulai ajeg/konsisten
|
3
|
menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam melakukan kegiatan secara terus-menerus dan ajeg/konsisten
|
4
|
b. Tes Tertulis
Tes Uraian
1)
Berdasarkan teks laporan hasil
observasi yang diberikan, identifikasikanlah dan jelaskan struktur teks laporan
hasil observasi dengan data yang mendukung (kalimat atau bagian paragraf)
2)
Berdasarkan teks laporan hasil
observasi, identifikasi dan jelaskanlah ciri-ciri bahasa teks laporan hasil
observasi dengan data yang mendukung (kalimat atau bagian paragraf)!
Kunci
1)
|
|
Struktur Teks
|
Kalimat
|
|
|
Definisi umum
|
|
|
|
Deskripsi bagian
|
|
|
|
Deskripsi manfaat
|
|
Catatan: kalimat disesuaikan dengan teks
2)
|
|
Ciri-ciri Teks
|
Kalimat
|
|
|
Penggunaan kata sifat
|
|
|
|
Penggunaan kata kerja aksi
|
|
|
|
Penggunaan istilah-istilah teknis
|
|
Catatan: kalimat disesuaikan dengan teks
Pedoman Penskoran
No.
|
Aspek dan Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Kelengkapan
a.
Struktur dan ciri-ciri teks
observasi lengkap
b. Struktur
dan ciri-ciri teks observasi kurang
lengkap
c. Struktur
dan ciri-ciri teks observasi
tidak lengkap
|
3
2
1
|
2.
|
Kesesuaian
a.
Data (kalimat) mendukung atau sesuai
dengan struktur dan ciri-ciri teks observasi dimaksud
b.
Data (kalimat) kurang mendukung atau
kurang sesuai dengan struktur dan ciri-ciri teks observasi dimaksud
c.
Data (kalimat) kurang mendukung atau
kurang sesuai dengan struktur dan ciri-ciri teks observasi dimaksud
|
3
2
1
|
c. Tes Unjuk Kerja
Tes uji petik kerja
1)
Berdasarkan teks laporan hasil
observasi, tentukan makna kata atau istilah yang digarisbawahi pada teks
laporan tersebut!
2)
Berdasarkan teks laporan hasil
observasi, tentukan makna teks laporan tersebut disertai dengan data yang
mendukung!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar