Jumat, 24 Oktober 2014

RPP 2 KELAS, DAN 2 MATA PELAJARAN



Satuan Pendidikan
:
SMP ... (isi dengan nama SMP)

Mata Pelajaran/ Kelas/semester    
:
1.      Matematika/kelas VIII/semester I
2.      Bahasa Indonesia/ kelas VII/semester 1
Materi Pokok 
:
1.      Matematika:
2.      Bahasa Indonesia:  Teks Hasil Observasi
Alokasi Waktu           
:
 2x40 menit

A.                          Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi.

N0.
Bahasa indonesia
Matematika
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian
1.
1.2     Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis.
1.2.1. menggunakan Bahasa Indonesia untuk sarana kegiatan belajar di lingkungan sekolah dalam bentuk lisan
1.2.2. menggunakan bahasa Indonesia untuk sarana kegiatan belajar di lingkungan sekolah dalam  bentuk tulis

1.1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.1.1.         Menunjukkan konsistensi dalam menjalankan ibadah sesuai agama yang dianutnya.
2.










2.1     Memiliki perilaku jujur, tanggung jawab, dan santun dalam menanggapi secara pribadi hal-hal atau kejadian berdasarkan hasil observasi




2.1.1.   menunjukkan perilaku jujur dalam menanggapi hal-hal atau kejadian
2.1.2.   menunjukkan perilaku tanggung jawab dalam menanggapi hal-hal atau kejadian
2.1.3.   menunjukkan perilaku santun  dalam menanggapi hal-hal atau kejadian


2.2.     Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar
2.3.     Memiliki sikap terbuka, santun, objektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam interaksi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
2.2.1.Menunjukkan perilaku pantang menyerah dalam menyelesaikan masalah matematika yang diberikan.
2.2.2.  Menunjukkan perilaku senang  dalam menyelesaikan masalah matematika terkai t masalah  nyata.
2.3.1.   Menunjukan sikap terbuka menerima pendapat.
2.3.2.   Menunjukan sikap santun dalam mengemukakan  pendapat.

3.
3.1     Memahami teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan

3.1.1.   menjelaskan struktur teks hasil obeservasi

3.2.   Menentukan nilai variabel persamaan linear dua variabel dalam konteks nyata

3.2.1.   Menentukan nilai variabel-variabel yang memenuhi persamaan dua variabel.
3.2.2.   Menentukan nilai variabel-variabel yang memenuhi persamaan dua variabel dalam konteks nyata.
4.
4.1. Menangkap makna teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik secara lisan maupun tulisan
                  
4.1.1.         memaknai kata dan istilah dalam teks hasil observasi

4.1          Membuat dan menyelesaikan model matematika dari masalah nyata yang berkaitan dengan persamaan linear dua variabel

4.1.1. Mengkronstruksi model matematika dari masalah nyata terkait persamaan dua variabel.
4.1.2. Menyelesaikan model matematika terkait persamaan dua variabel.
4.1.3. Menyimpulkan hasil penyelesaian model dalam wujud komunikasi matematika.

B.     Tujuan Pembelajaran.
No
Bahasa Indonesia
Matematika
1.
1.    Siswa  menggunakan Bahasa Indonesia untuk memahami informasi secara lisan dan tulis  sebagai bentuk dari rasa menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
1.    Diberikan masalah matematika, siswa menunjukkan perilaku pantang menyerah dalam mencari solusi masalah

2.    Siswa menunjukkan perilaku jujur dalam menanggapi hal-hal atau kejadian
2.    Diberikan masalah nyata, siswa menunjukkan perilaku antusias dalam memecahkannya.

3.    Siswa menunjukkan perilaku tanggung jawab dalam menanggapi hal-hal atau kejadian
3.    Dibentuk kelompok dan diberikan LKS untuk dikerjakan secara berkelompok, siswa menunjukkan perilaku  terbuka menerima pendapat temannya, dan menyampaikan pendapat secara santun baik inter kelompok maupun antar kelompok.

4.    Siswa menunjukkan perilaku santun  dalam menanggapi hal-hal atau kejadian
4.    Diberikan masalah konteks, siswa dapat menuliskan definisi persamaan linier dengan kalimatnya sendiri dan menuliskan minimal 3  bentuk umum persamaan linier yang berbeda variabelnya.

5.    Diberikan model teks hasil observasi, siswa dapat menjelaskan struktur teks hasil obeservasi
5.    Diberikan beberapa bentuk persamaan 2 variabel, siswa dapat menunjukkan persamaan yang termasuk persamaan linier dan bukan persamaan linier 2 variabel.

6.    Diberikan model teks hasil observasi, siswa dapat memaknai kata dan istilah yang terdapat dalam teks hasil observasi
6.    Diberikan persamaan linier dua variabel dengan koefisien bilangan bulat, siswa dapat menentukan nilai 1 variabel  yang memenuhi jika 1 variabel lainnya diketahui.


7.    Diberikan masalah nyata terkait persamaan linier dua variabel, siswa dapat mengonstruk model matematikanya, kemudian menyelesaikan dan mengkomunikasikannya dalam wujud komunikasi matematika.

C.    Materi Pelajaran.
Bahasa Indonesia.
·                      Struktur teks hasil observasi
·                      Ciri bahasa teks hasil observasi
·                      Makna kata dan Istilah
Matematika:
·                      Persamaan linier 2 variabel.

D.    Model/Pendekatan/Metode Pembelajaran:
Model: Kooperatif
Pendekatan: Scintefik
Metode: Metode discovery learning, diskusi,  tanya jawab, penugasan,  dan presentasi.

E.       Media
1.                    Teks hasil observasi
2.                    Gambar
3.                    Teks puisi
F.       Sumber Belajar
1.    Buku Siswa
2.   LKS
3.   Lingkungan
G.    Skenario Pembelajaran.

No
Bahasa Indonesia
Matematika

Pendahuluan


·       Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya.
Siswa mengatur tempat duduk dengan membentuk huruf U

·       Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.

·       Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan

·       Untuk menarik minat dan menggugah kesadaran siswa agar  mencintai lingkungan hidup siswa diminta mencermati puisi bertema lingkungan hidup yang berjudul “Tanah Kelahiran” karya Ramadhan K.H. (buku siswa hlm. 3


Pendahuluan

Siswa mencermati puisi
·       Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya.

·       Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.

·       Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·       Guru mengorganisasi siswa dalam kelompok – kelompok kecil


Kegiatan Inti

Siswa melakukan pengamatan  dalam kelompoknya masing-masing tanpa diawasi oleh guru  tentang. Gambar Amir sedang membayar  Rp 40.000, untuk pembelian 3 buku dan 2 bollpoin. Selanjutnya guru menuntun siswa untuk menuliskan persamaannya jika buku dimisalkan x dan bollpoin dimisalkan y.
Guru menugaskan siswa secara berkelompok untuk menuliskan contoh-contoh yang serupa.

Kegiatan Inti


·       Untuk membangun konteks pembelajaran, dengan sikap peduli dan santun siswa mengamati sebuah gambar lingkungan hidup (buku siswa hlm. 3)
Siswa bekerja secara berkelompok tanpa diawasi oleh guru dalam mencari contoh-contoh nyata terkait dengan persamaan linier.

·       Dengan santun dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, siswa bertanya hal-hal yang berhubungan dengan konteks pembelajaran

·       Dengan sikap responsif, santun, dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar siswa menjawab pertanyaan tentang hal-hal yang berhubungan dengan gambar yang dilihat dan pertanyaan pada tugas 1 (buku siswa hlm. 4-5)

·       Siswa mengambil kertas undian yang berisi istilah kebahasaan. Lalu, masing-masing siswa menyebutkan kata yang sama, bersatu membentuk kelompok kecil dan menamakan kelompoknya sesuai istilah yang dipilihnya.


·       Dengan sikap santun dan responsive siswa mencermati teks laporan hasil observasi (buku siswa hlm. 5-6), selanjutnya guru menugaskan untuk mengumpulkan istilah-istilah yang terdapat pada teks laporan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan teks yang disimaknya (tugas 2 pada buku siswa hlm. 6)
Siswa membacakan contoh-contoh yang telah ditemukan, guru melakukan koreksi . Selanjutnya guru  menuntun siswa untuk mendefinisikan persamaan linier

·       Siswa mengerjakan tugas tanpa pengawasan guru.
Siswa mengamati beberapa bentuk persamaan dan menganalisisnya untuk menuliskan atau mengelompokkan yang termasuk persamaan linier dan yang bukan persamaan linier.

Siswa mengerjakan tugas kelompok:
·   Jika harga buku satu buah yang dibeli oleh amir adalah Rp.1000,  tentukan harga bollpoin 1 buah.
·   Jika harga buku dimisalkan x dan harga bollpoin dimisalkan y, berapakah y?.

·       Dengan sikap santun dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar siswa melaporkan hasil diskusinya.
Siswa mengerjakan tugas yang diberikan guru tanpa pengawasan

·       Kelompok lain menanggapi dengan responsif dan santun.

·       Dengan sikap responsif dan peduli siswa menyimak penjelasan guru mengenai struktur teks laporan hasil observasi

·       Dengan santun dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, siswa bertanya hal-hal yang berhubungan dengan struktur teks hasil observasi.

·       Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa membaca dan mengamati teks hasil observasi (buku siswa hlm. 5-6), dan mengerjakan tugas secara berkelompok  dalam hal menentukan struktur teks hasil observasi (tugas 3 hlm. 7).

·       Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa berdiskusi inter kelompok  tanpa diawasi oleh guru
Wakil setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya, dan guru mengarahkan atau memberi scaffolding jika ada jawaban siswa yang melenceng.

Guru mengeksplorasi pengetahuan siswa dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang sifatnya menuntun dan menggali terkait menentukan nilai 1 variabel jika 1 variabel lainnya diketahui dari beberapa persamaan linier yang diajukan guru

Penugasan kelompok:
Siswa mengamati masalah trumbu karang dan menganalisis keterkaitan tinggi, panjang dan lebar terumbu karang  selanjunya  memodelkannya dalam bentuk persamaan linier, mencobanya untuk menentukan jawaban dari masalah” berapakah panjang trumbu karang yang lebarnya 40 mm?”

Dengan sikap tanggung jawab, santun, dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar salah satu perwakilan kelompok melaporkan hasil diskusinya
Siswa mengerjakan tugasnya tanpa diawasi oleh guru dengan cara  melakukan diskusi inter kelompok


·       Kelompok lain menanggapi dengan responsif dan santun.

Penutup

·       Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa ditugaskan menyimpulkan pembelajaran dan mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami saat memahami struktur teks hasil observasi


Siswa melakukan diskusi antar kelompok terkait  dengan tugas yang diberikan. Guru mengarhakan dan memberikan scaffolding, serta melakukan pengamatan untuk memberi penilaian terkait sikap dengan berpandu pada rubrik penilaian.

Penutup

siswa ditugaskan menyimpulkan pembelajaran dan mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami saat memahami struktur teks hasil observasi

·       Dengan sikap peduli, responsif, dan santun siswa mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru terkait kesimpulan yang telah dibuat siswa
Siswa mengerjakan tugas secara berkelompok tanpa diawasi oleh guru

·       Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran

B.      Penilaian
1.    Teknik dan Bentuk Instrumen
Teknik
Bentuk
Pengamatan Sikap  
Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
Tes Tertulis 
Tes Uraian dan Pilihan
Tes Unjuk Kerja 
Tes Uji Petik Kerja dan Rubrik

2.    Contoh Instrumen Penilaian
a.    Pengamatan Sikap
Lembar Pengamatan Sikap
No.
Nama Siswa
Religius
Jujur
Tanggung jawab
Santun
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.

















2.

















3.

















….


















Rubrik penilaian sikap
Rubrik
Skor
sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh  dalam melakukan kegiatan
1

menunjukkan sudah ada  usaha sungguh-sungguh  dalam melakukan kegiatan tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten
2
menunjukkan ada  usaha sungguh-sungguh  dalam melakukan kegiatan yang  cukup sering dan mulai ajeg/konsisten
3
menunjukkan adanya  usaha sungguh-sungguh  dalam melakukan kegiatan secara terus-menerus dan ajeg/konsisten
4

b.    Tes Tertulis
Tes Uraian
1)    Berdasarkan teks laporan hasil observasi yang diberikan, identifikasikanlah dan jelaskan struktur teks laporan hasil observasi dengan data yang mendukung (kalimat atau bagian paragraf)
2)    Berdasarkan teks laporan hasil observasi, identifikasi dan jelaskanlah ciri-ciri bahasa teks laporan hasil observasi dengan data yang mendukung (kalimat atau bagian paragraf)!
Kunci
1)                   

Struktur Teks
Kalimat


Definisi umum



Deskripsi bagian



Deskripsi manfaat

   Catatan: kalimat disesuaikan dengan teks

2)                   

Ciri-ciri Teks
Kalimat


Penggunaan kata sifat



Penggunaan kata kerja aksi




Penggunaan istilah-istilah teknis


       Catatan: kalimat disesuaikan dengan teks
Pedoman Penskoran
No.
Aspek dan Kriteria
Skor
1.
Kelengkapan
a.       Struktur dan ciri-ciri teks observasi  lengkap
b.      Struktur dan ciri-ciri teks observasi  kurang lengkap
c.       Struktur dan ciri-ciri teks observasi  tidak  lengkap

3
2
1
2.
Kesesuaian
a.       Data (kalimat) mendukung atau sesuai dengan struktur dan ciri-ciri teks observasi dimaksud
b.      Data (kalimat) kurang mendukung atau kurang sesuai dengan struktur dan ciri-ciri teks observasi dimaksud
c.       Data (kalimat) kurang mendukung atau kurang sesuai dengan struktur dan ciri-ciri teks observasi dimaksud

3

2

1

c.     Tes Unjuk Kerja
Tes uji petik kerja
1)    Berdasarkan teks laporan hasil observasi, tentukan makna kata atau istilah yang digarisbawahi pada teks laporan tersebut!

2)    Berdasarkan teks laporan hasil observasi, tentukan makna teks laporan tersebut disertai dengan data yang mendukung!

Tidak ada komentar: