Selasa, 19 Juli 2011

Dampak yang dihasilkan oleh limbah eng Penanggulangan limbah



            Limbah yang dihasilkan dari kehidupan  memiliki banyak dampak, diantaranya
1.    Dampak terhadap kesehatan
Dampaknya yaitu dapat menebabkan atau menimbulkan panyakit. Potensi bahaya kesehatan yang dapat ditimbulkan adalah sebagai berikut:
a.    Penyakit diare dan tikus, penyakit ini terjadi karena virus yang berasal dari sampah    dengan pengelolaan yang tidak tepat
b.   Penyakit kulit misalnya kudis dan kurap.
2.   Dampak terhadap lingkungan        
Cairan dari limbahlimbah yang masuk ke sungai akan mencemarkan airnya sehingga mengandung virus-virus penyakit. Berbagai ikan dapat mati sehingga mungkin lama kelamaan akan punah. Tidak jarang manusia juga mengkonsumsi atau menggunakan air untuk kegiatan sehari-hari, sehingga menusia akan terkena dampak limbah baik secara langsung maupun tidak langsung. Selain mencemari, air lingkungan juga menimbulkan banjir karena banyak orang-orang yang membuang limbah rumah tanggake sungai, sehingga pintu air mampet dan pada waktu musim hujan air tidak dapat mengalir dan air naik menggenangi rumah-rumah penduduk, sehingga dapat meresahkan para penduduk.

  Penanggulangan limbah  
           
Ada banyak usaha penanggulangan limbah yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah yang semakin berlarut tersebut. Diantaranya:
1.         Melarang pembuangan sampah-sampah rumah tangga keselokan (parit), sungai, danau dilaut,dan sampah itu harus dibuang pada tempat-tempat yang telah ditentukan.
2.         Setiap perusahaan minyak diwajibkan memiliki peralatan yang dapat membendung tumpukan minyak dan kemudian menyedot kembali, dengan demikian tumpukan minyak tidak akan melebar luas dan mengurangi adanya limbah rumah tangga.
3.         Menetapkan Baku mutu lingkungan adalah batas kadar yang diperkenankan bagi zat atau bahan atau benda lainnya. pencemar terdapat di lingkungan dengan tidak menimbulkan gangguan terhadap makhluk hidup, tumbuhan dan hewan.
4.         Pembenahan sistem hukum dan peraturan yang telah ada, baik untuk limbah  yang dihasilkan dalam negeri aupun limbah lintas batas.
5.         Sesegera mungkin membereskan masalah lembaga lingkungan hidup Indonesia yang memiliki posisi yang lemah.
6.         Melakukan evaluasi, inventarisasi dan pengembangan terhadap sumber daya yang dimiliki.
Penanganan limbah harus dilakukan secara keseluruhan agar tidak mengganggu kesehatan, estetika dan lingkungan. Penanganan tersebut mencakup pemindahan dari sumbernya, mengolah/mendaur ulang kembali, atau memusnahkannya.
Salah usaha yang dapat dilakukan adalah memberikan kesadaran kepada setiap individu akan pentingnya kebersihan. Jika kesadaran tersebut telah tertanam dalam diri seseorang, maka mereka akan mengerti dan berusaha menjaga kebersihan diri, yang pada akhirnya akan memberikan sumbangan besar terhadap lingkungan.
Kesadaran tersebut juga harus dimiliki setiap pelaku industri agar merekapun mengendalikan, mengolah limbah yang dihasilkan oleh indusri mereka. Para pelaku industri pun harus mengerti etika pembuangan limbah serta mendaur ulang limbah mereka agar tidak semakin menambah beban lingkungan.

Tidak ada komentar: